Penerapan Uji Wilcoxon Signed Rank Test Untuk Menganalisis Perbedaan Nilai Test Sebelum Dan Setelah Pelatihan Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.35991/jtm.v8i2.73Keywords:
Digital Marketing, Post-Test, Pre-Test, Shapiro Wilk, Wilcoxon Signed Rank TestAbstract
Pelatihan digital marketing pada dua puluh lima ibu rumah tangga anggota paguyuban Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu (PPT) Tunas Mulia Keputih Surabaya perlu dievaluasi untuk melihat tingkat pemahaman peserta setelah diberikan pelatihan. Tujuan penelitian ini untuk melihat perubahan tingkat pemahaman peserta terhadap materi pelatihan setelah diberikan pelatihan serta melihat perbedaan rerata dari nilai pre-test dan post-test. Peserta diberikan pre-test dan post-test sebagai langkah awal untuk melihat efektivitas pelatihan. Nilai pre-test dan post-test diuji dengan wilcoxon signed rank test untuk melihat perbedaan rerata setelah sebelumnya dilakukan uji normalitas. Berdasarkan uji normalitas dengan shapiro wilk, diperoleh nilai p-value kurang dari 0.05 sehingga disimpulkan nilai pre-test dan post-test tidak berdistribusi normal. Nilai rata-rata post-test mengalami kenaikan sebesar 5.11% dari nilai rata-rata pre-test yang mengindikasikan ada peningkatan pemahaman peserta setelah diberikan pelatihan. Berdasarkan uji wilcoxon signed rank test memberikan hasil bahwa nilai p-value lebih dari 0.05 sehingga disimpulkan tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap nilai rerata peserta baik sebelum dan setelah diberikan pelatihan.