Pengaruh Rasio Bahan Bakar Multi-feedstock Biodiesel Terhadap Nilai Emisi Gas Buang Pada Mesin Diesel 4 Langkah

Authors

  • Aminatus Sa'diyah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Ahmad Anda Aulatama
  • Muhammad Shah
  • Muhammad Anis Mustaghfirin Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Muchammad Nidhor Fairuza Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Edi Haryono Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35991/jtm.v8i1.48

Keywords:

emisi gas buang, biodiesel, multi feedstock, mesin diesel

Abstract

Uji emisi gas buang adalah metode untuk menentukan tingkat polutan udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Pengujian ini dapat diterapkan pada mesin bensin dan diesel. Dalam penelitian ini, analisis dilakukan pada mesin diesel empat langkah dengan biodiesel yang berasal dari berbagai bahan baku seperti minyak kelapa sawit, minyak jelantah, dan minyak bunga matahari. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas biodiesel sebagai alternatif bahan bakar untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Fokus utama adalah memantau emisi gas buang, termasuk nitrogen oksida (NOx) dan karbon monoksida (CO), guna memahami sejauh mana biodiesel mampu mengurangi polusi udara dibandingkan bahan bakar diesel konvensional. Studi ini menunjukkan bahwa biodiesel dari berbagai sumber memiliki potensi signifikan dalam mengurangi emisi gas berbahaya, khususnya NOx dan CO. Penggunaan biodiesel tidak hanya diharapkan dapat mengurangi emisi gas buang, tetapi juga berkontribusi terhadap tujuan keberlanjutan lingkungan. Analisis lebih lanjut dilakukan untuk menentukan karakteristik biodiesel mana yang paling efisien sebagai pengganti bahan bakar diesel konvensional dalam mendukung sektor industri dan transportasi yang ramah lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biodiesel B100 menghasilkan emisi CO yang lebih rendah, yakni 474 ppm, dibandingkan dengan bahan bakar Pertamina Dex yang menghasilkan 547 ppm, pada kondisi maksimum beban dan putaran mesin 1400 RPM. Temuan ini menegaskan bahwa biodiesel B100 adalah pilihan yang lebih ramah lingkungan dalam upaya mengurangi polusi udara.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Sa’diyah, A., Aulatama, A. A., Shah, M. ., Anis Mustaghfirin, M. ., Nidhor Fairuza, M., & Haryono, E. . (2024). Pengaruh Rasio Bahan Bakar Multi-feedstock Biodiesel Terhadap Nilai Emisi Gas Buang Pada Mesin Diesel 4 Langkah. Jurnal Teknologi Maritim, 8(1), 30–41. https://doi.org/10.35991/jtm.v8i1.48